Kamis, 01 September 2016

KHASIAT BUAH MAHONI BAGI KESEHATAN 

 

Biji mahoni dikenal di mana pohon mahoni tumbuh dan dengan akrab digunakan sebagai bagian dari makanan yang bervariasi dan sehat. Biji mahoni mengandung 33 jenis flavonoid dan 27 jenis saponin, hal ini membuatnya lebih kaya nutrisi tanaman padat nutrisi lainnya, seperti ginseng. Selain itu juga mengandung berbagai vitamin, mineral, protein, dan asam lemak yang diperlukan untuk fungsi tubuh yang sehat. Manfaat mahoni mulai dari buah hingga biji dan pohonnya cukup populer dikalangan herbal. bagian biji buah mahoni dapat digiling dan diambil untuk berbagai manfaat kesehatan.

Ekstrak buah mahoni dan biji mahoni bubuk keduanya merupakan suplemen gizi yang dapat diambil untuk berbagai hasil positif.




Manfaat kesehatan dari buah mahoni dan biji mahoni meliputi :
  • Memerangi radikal bebas dengan antioksidan
  • Menurunkan lemak dalam aliran darah
  • Menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mengambil suplemen biji mahoni teratur dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan Anda.


    Selain itu beberapa manfaat buah mahoni bagi kesehatan yang harus kita ketahui diantaranya :

    Hipertensi

    Manfaat pertama dari biji mahoni adalah untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Caranya: 8 gram biji segar diseduh dengan 2 gelas air panas. Setelah dingin disaring lalu dibagi menjadi 2 bagian. Minum pagi dan sore hari.

    Mengontrol Gula Darah

    Manfaat biji mahoni yang lainnya adalah dapat digunakan uintuk mengobati diabete atau penyakit gula darah. Caranya dengan mengkonsumsi 1/2 sdt biji mahoni bubuk dengan air hangat sebelum makan dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kandungan saponin yang ada pada tanaman mahoni, langsung bertanggung jawab untuk membantu mengeluarkan gula darah. 

    Penangkal Serangga

    Biji mahoni yang diambil dalam bentuk bubuk, dapat berfungsi sebagai semacam semprotan penangkal serangga. Secara khusus, saponin dalam bijinya cenderung untuk mencegah serangga. Bagi orang-orang yang tinggal di iklim tropis atau yang tidak bisa menghindari kontak dengan serangga seperti nyamuk pembawa malaria, bubuk biji mahoni dapat digunakan sebagai suplemen untuk meningkatkan perlindungan terhadap penyakit yang ditularkan oleh serangga.

    Mengatasi Sembelit

    Biji mahoni juga dapat digunakan untuk mengobaati sembelit. Konsumsi buah ini dengan cara dihancurkan kemudian diminum bersama dengan air hangat untuk meredakan sembelit.

    Mengurangi Alzheimer

    Tambahkan biji buah mahoni pada makanan anda maka dapat dikurangi. Penyakit Alzheimer tidak dapat disembuhkan dan tidak regeneratif, oleh karena itu bentuk-bentuk bantuan untuk bertahan hidup seperti ini sangat diperlukan.

    Nyeri Haid

    salah satu cara untuk mengatasi nyeri saat haid adalah dengan menggunakan herbal mahoni. Makan sejumput buah mahoni pada hari pertama siklus menstruasi, akan mengurangi rasa sakit.

    Tingkat Kehamilan

    Daging buahnya yang dikonsumsi dapat meningkatkan kesuburan.

    Menambah Nafsu Makan

    Jika anda sering hilang nafsu makan, maka mahoni bisa dijadikan sebagai solusi.

    Demam, masuk angin

    Obati demam dan masuk angin dengan ramuan mahoni. Caranya: 1/2 sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan 1/4 cangkir air panas, lalu tambahkan 1 sendok makan madu. Diminum selagi hangat, lakukan 2-3 kali sehari.

    Eksema dan rematik

    1/2 sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan 1/2 cangkir air panas. Tambahkan 1 sendok makan madu. Diminum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari.

    Selain manfaat yang disebutkan diatas, masih banyak manfaat lain dari Biji mahoni untuk kesehatan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Salam sehat
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar