Kamis, 01 September 2016

KHASIAT DAUN KARUK UNTUK KESEHATAN

 

Tahukah Anda dengan sosok tanaman ini ? 

Jenis tanaman ini banyak tumbuh liar di hutan dan pekarangan, bahkan kerap juga dijadikan tanaman hias baik di pekarangan maupun dalam pot. daun karuk termasuk keluarga sirih-sirihan betuknya tegak dan menjalar, tingginya 0,25 sampai 1 meter. Daun berbentuk meruncing seperti jantung, tak beda dengan daun sirih. Warnanya hijau sampai hijau muda mengkilap. Ukurannya 7-15 cm x 5-10 cm, mempunyai 3-7 urat daun, bertangkai 0,3-0,5 cm. Bunganya berumah satu, berbentuk tandan tegak, panjang 1-2 cm. Panjang ibu tangkai 0,5-1,5 cm, berbulu pendek, dan pelindungnya berbentuk agafcoulat, berwarna putih. Tumbuhan berkhasiat ini memunyai buah mirip berry, agak lonjong, berwama putih kehijauan.

Di Indonesia karuk belum dimanfaatkan sebagai bahan pangan, tapi justru dimanfaatkan sebagai jamu dan obat herbal. Karuk diyakini ampuh dalam mengobati sakit gigi, asma, batuk, dan sakit kepala. Bagian tanaman yang dimanfaatkan sebagai obat herbal adalah daun dan akarnya. Buah dan daun karuk mengandung saponin, polifenol, dan flavanoid. Kandungan karuk lainnya yaitu kalsium, kalium, magnesium, karoten, niacin, vitamin B1, B2, dan C dikenal sebagai antioksidan alami. 

Sementara untuk mengobati batuk, ambil daun karuk 5 lembar, yang tua. Masukkan ke dalam air panas sebanyak 3/4 gelas. Boleh juga ditambahkan madu. Lalu diamkan hingga airnya menjadi hangat kuku, baru diminum. Lebih baik jika daunnya disuir atau ditumbuk hingga halus. Minum tiap pagi dan sore. 

Untuk mengobati asma, lumatkan 5 lembar daun karuk hingga menyerupai bubur, lalu campurkan dengan setengah gelas air panas. Saring, lalu, minum sehari dua kali. Biasanya, tak sampai seminggu, sesak napas yang menjengkelkan itu bakal berhenti.

Selain itu, untuk mengobati sakit kepala, tumbuk daun karuk lalu jadikan bahan lulur atau param kulit, lalu tempelkan pada kepala yang sakit. Dan untuk mengobati sakit gigi, kunyah akar karuk bersamaan dengan pinang dan jahe kecil.

 

sekian yang dapat saya informasikan semoga artikel ini dapat bermanfaat.




 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar